Friday, 27 November 2020

7 Skincare yang Aman untuk Bumil

https://www.popmama.com/


Di masa kehamilan, seorang wanita harus memperhatikan semua kondisi yang ada di tubuhnya. Mulai dari asupan makanan, kebiasaan buruk yang harus diubah, hingga perawatan tubuh dan wajah. Apalagi untuk perawatan tubuh dan wajah, calon ibu tidak boleh sembarangan karena harus memilih skincare yang tepat. Ada beberapa skincare yang aman untuk bumil dan direkomendasikan untuk dipakai sehari-hari. 


Jenis Skincare yang Aman untuk Bumil

Ketika sedang hamil biasanya memang muncul beberapa permasalahan kulit seperti jerawat atau pigmentasi kulit yang muncul dan juga stretch mark. Hal ini mungkin akan mengganggu penampilan kamu, tapi tentu ada cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kulit ini. Berikut beberapa skincare yang aman untuk bumil yang bisa kamu coba para calon ibu.


1. Produk yang Mengandung Vitamin E

Skin care yang aman untuk bumil adalah yang memiliki kandungan vitamin E. Hal ini karena kandungan vitamin E memiliki efek yang mencerahkan dan mampu memperbaiki sel kulit mati yang rusak. Ibu hamil tetap aman menggunakan skin care atau kosmetik dengan kandungan vitamin E meski sedang mengandung. 


2. Gunakan Pelembab

Calon ibu sebaiknya juga menggunakan pelembab. Bahkan produk ini sangat disarankan bagi ibu hamil dan menyusui. Pelembab bisa menjaga kadar air dalam kulit lebih stabil sehingga mengurangi resiko terjadinya stretch mark pada bagian-bagian tertentu di tubuh ibu. 


Biasanya strechmark ini muncul karena volume otot dan lemak serta berat janin bertambah. Pelembab juga bisa mengurangi resiko iritasi di kulit karena terlalu sensitif atau kulit mudah terinfeksi. 


3. Gunakan Tabir Surya

Selain pelembab, skincare yang aman untuk bumil adalah tabir surya. Hal ini karena ibu hamil biasanya mengalami pigmentasi kulit terutama di bagian wajah. Ini mengapa Ibu sering mengalami melasma atau bercak berwarna gelap di kulit wajah. Dengan penggunaan tabir surya secara rutin maka hal tersebut bisa dicegah. 


4. Pilih Produk Sesuai Hormon

Sebaiknya untuk lebih aman pada masa kehamilan sangat penting untuk ibu mencari produk skincare yang sesuai dengan kadar hormon. Hal ini untuk mencegah terjadinya kulit sensitif sehingga lebih mudah infeksi. Pada ibu hamil biasanya terjadi peningkatan sirkulasi darah dan imunitas khususnya di kulit. 


5. Jangan Gunakan Skincare Yang Mengandung Golongan Derivat

Skincare yang aman untuk bumil adalah yang tidak mengandung golongan derivat. Seperti vitamin A, tretinoin, isotretinoin dan retinol. Hal ini karena golongan Derivat yang terkandung pada beberapa kosmetik bisa menyebabkan kecacatan pada bayi.


6. Tidak Ada Kandungan Alkohol

Tentu kamu sudah tahu bahwa banyak skincare yang mengandung alkohol. Kandungan ini cukup tidak disarankan untuk ibu yang sedang hamil. Alkohol pada skin care bisa membuat kulit Ibu menjadi kering iritasi bahkan kemerahan. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan ibu ketika sedang hamil. 


7. Jangan Gunakan Produk Pemutih Wajah

Biasanya wajah cenderung lebih kusam ketika sedang hamil. Namun sebaiknya Ibu bersabar dan jangan malah menggunakan produk-produk pemutih wajah yang bisa memberikan efek cerah. Skincare yang mengandung pemutih wajah biasanya mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri, hidroquinon dan asam salisilat. Kandungan-kandungan ini cukup berbahaya bagi janin.


Demikian beberapa skincare yang aman untuk bumil, jadi meski sedang hamil kamu tetap bisa menggunakan skincare hanya saja tidak boleh sembarangan memilih produk. Bahkan jika ragu, kamu sebaiknya konsultasi dahulu kepada dokter ahli sebelum menggunakan skincare saat sedang hamil. 




0 comments:

Post a comment