Tuesday, 24 November 2020

6 Tips Memilih Skincare yang Tepat Sesuai dengan Kondisi Kulit



Apakah produk yang tepat untuk kulit kamu? Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mungkin saja di kulit temanmu cocok, tapi belum tentu cocok di kulit kamu. Kamu perlu tips memilih skincare yang aman dan sesuai dengan kondisi kulit yang kamu miliki saat ini. Memilih produk skincare di pasaran juga tidak mudah loh, apalagi harga skincare yang tidak murah perlu kamu pertimbangkan dengan baik. 


Ada beberapa hal umum yang harus diketahui terlebih dahulu. Pertama komponen apa saja yang terdapat di dalamnya. Kedua masa kadaluarsa produk yang biasanya sering terlewatkan. Ketiga, seberapa besar perlindungan yang diberikan skincare untuk kulit, apalagi jika kamu sering berada di luar ruangan saat siang hari. Barulah setelah mengetahui hal umum ini kamu bisa menerapkan tips memilih skincare yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. 


Tips Memilih Skincare yang Tepat Sesuai Jenis Kulit


Pertanyaan pertama yang harus kamu jawab sebelum memilih adalah, apakah termasuk apakah jenis kulitmu? Apakah kulit kering, sensitif atau berminyak. Masing-masing kulit membutuhkan bahan skincare yang berbeda, bahkan ada juga bahan yang harus dihindari. 


Supaya tidak salah memilih produk dan bermasalah dengan hasilnya sehingga kamu harus berobat ke dokter kulit, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini. 


  • Jangan Pernah Membeli Karena Popularitas


Produk yang dipasarkan dengan dengan besar-besaran tentunya sangat menarik perhatian. Hasilnya banyak wanita yang membeli produk tersebut, tapi apakah cocok untuk kulit semua orang? Belum lagi kemasan yang menarik adalah jebakan terbesar yang seringkali menarik perhatian konsumen. Pada akhirnya, kamu mungkin tidak menggunakan produk tersebut karena tidak cocok untuk kulit. 


  • Hindari Membeli Skincare Mengandung Alkohol dan Pewangi


Bagi kulit kering, jangan pilih skincare yang mengandung alkohol serta pewangi. Alkohol akan merusak minyak alami yang dimiliki kulit sehingga membuatnya semakin kering. Hal yang sama juga berlaku jika kamu memiliki kulit sensitif. Alkohol dan pewangi paling sering digunakan pada produk skincare pembersih wajah seperti sabun atau pembersih kosmetik.


  •  Pilih Skincare dengan Sedikit Bahan Bagi Kulit Sensitif


Jika kamu memiliki kulit sensitif sebaiknya pilihlah skincare yang hanya memiliki sedikit kandungan bahan kimia. Jangan pilih yang memiliki kandungan anti aging terlalu banyak. Beberapa kandungan yang aman digunakan seperti chamomile, lidah buaya dan green tea polyphenols. 


  • Hindari Produk dengan Cocoa Butter Bagi Kulit Berminyak


Alkohol dan kandungan pewangi tidak dianjurkan bagi kulit kering dan sensitif, sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak hindari cocoa butter. Hindari juga skincare dengan minyak kelapa dan kayu manis karena kandungan tersebut hanya akan memicu timbulnya jerawat. 


  • Pilih Skincare Bentuk Krim atau Salep Untuk Kulit Kering


Memilih skincare yang tepat untuk kulit kering sangatlah mudah bisa dilihat dari teksturnya. Kamu cukup membeli produk yang memiliki tekstur krim atau salep karena akan sangat efektif dalam melembabkan kulit. Justru hindari skincare yang bentuknya lotion. Perhatikan juga kandungannya, pilihlah yang mengandung minyak jojoba, shea butter atau olive oil. 


  • Konsultasikan dengan Dokter Dermatologi Langganan


Apabila kamu pemilik kulit sensitif maka jangan malu untuk langsung bertanya ke dokter dermatologi. Apalagi jika saat ini kulit sedang mengalami peradangan maka skincare yang tepat harus digunakan. Dokter akan memberitahu komponen dalam skincare apa saja yang dibutuhkan dan harus dihindari secara khusus. 


Nah dengan tips memilih skincare yang tepat ini kamu tidak perlu bingung lagi untuk menentukan mana produk yang tepat. 


0 comments:

Post a comment